Recent post

ANCAMAN DIGITAL JAMAN KINI

Semakin majunya perkembangan digital, apakah kita . . .

CARA UNINSTALL APLIKASI WINDOWS MELALUI START MENU

1. Klik Start Menu di taskbar atau bisa denga . . .

Sekilas Tentang Dota 2

- Defense of the Ancients 2 atau Dota 2 merupakan . . .

Tips Belanja Online dengan Aman dan Nyaman

Post by Admin | 23 Juli 2019

Diantara banyaknya situs online shop atau marketplace yang ada, tidak semuanya menawarkan barang yang kalian inginkan. Bisa jadi, barang yang sama di beberapa marketplace memiliki kualitas dan kondisi yang berbeda-beda. Kalau kalian tidak berhati-hati, tentunya kalian akan rugi baik itu waktu maupun materi. Beberapa tips yang akan dibagikan disini dirangkum dari beberapa sumber. Agar tidak tertipu saat berbelanja online, ada baiknya kalian simak artikel belanja online dengan aman dan nyaman ini:

1. Gunakan Perangkat Pribadi

Saat berbelanja online kita membutuhkan banyak data pribadi kita. Sebaiknya gunakan perangkat pribadi seperti smartphone atau laptop pribadi saat berbelanja online. Selain itu, jangan terlalu banyak memberikan informasi diri kita saat berbelanja online, berikan seperlunya saja.

2. Berbelanja di Marketplace Terpercaya

Apabila kalian baru pertama kali mencoba berbelanja online, ada baiknya kalian mencari informasi dari orang terdekat. Dengan mencari informasi-informasi tersebut, kalian akan mendapat banyak pertimbangan untuk berbelanja di situs tertentu. Pertimbangkan kepuasan mereka saat berbelanja di marketplace tersebut.

3. Cek Reputasi Penjual

Sesuai namanya, marketplace atau online shop sejatinya adalah tempat untuk berjualan, atau istilah mudahnya adalah lapak. Seperti ibarat pasar tradisional, maka marketplace merupakan pasar yang berada di dunia internet. Dalam sebuah pasar tentunya ada banyak sekali penjual yang menawarkan dagangannya. Banyak sekali tawaran yang menggiurkan dari mereka. Sebut saja harga yang miring hingga bonus yang ditawarkan. Namun sebelum itu semua, ada hal yang sangat penting untuk kalian perhatikan. Kalian harus mengecek reputasi dari penjual tersebut.

4. Cek Deskripsi Produk yang Dijual

Periksa baik-baik deskripsi produk yang ditawarkan penjual. Ada beberapa produk-produk tertentu yang memiliki banyak varian atau jenis dan biasanya hal ini sudah dituliskan dengan jelas oleh para penjual. Contohnya adalah sebuah gadget, biasanya ditulis apakah gadget tersebut adalah versi Internasional atau versi negara tertentu. Biasanya di deskripsi juga dicantumkan apakah varian tertentu tersedia atau sedang kosong. Selain menjelaskan tentang varian atau jenis, penjual biasanya juga mencantumkan peringatan tentang barang yang akan dibeli. Seperti apakah barang tersebut memiliki informasi khusus atau tidak. Misalnya seperti sebuah kartu memori atau SD Card. Banyak ditemukan complain dari pembeli bahwa ukuran asli tidak sesuai dengan yang tertera di kemasan. Disini penjual biasanya mencantumkan informasi khusus bahwa memang ukurannya tidak sepenuhnya sama karena ada beberapa alasan tertentu.

5. Cek Ulasan Pembeli

Sebagai seorang pembeli, tentunya kita harus tahu bagaimana keadaan barang yang akan kita beli. Cara paling mudah untuk mengecek barang tersebut adalah dengan mengecek secara langsung. Tetapi saat kita berbelanja online tentunya kita tidak dapat melihat barangnya secara langsung. Pada kondisi ini ulasan dari pembeli sangat membantu, selain dengan membaca deskripsi yang tertera tentunya. Dengan melihat ulasan pembeli yang lain, kita dapat mengetahui lebih lanjut tentang keadaan barang yang akan kita beli.

6. Jangan Mudah Tergoda Barang Murah

Setelah yakin tentang produk yang akan kita beli, kita akan melihat harganya. Hal ini sering kali mengecoh kita para pembeli saat membeli barang. Dengan harga yang murah kita dapat menghemat banyak pengeluaran. Namun perlu diketahui biasanya barang yang diobral dengan sangat murah memiliki kualitas yang tidak bagus atau kualitasnya sudah agak menurun. Disini kalian perlu berhati-hati, jangan hanya karena tergiur barang murah saja.

7. Manfaatkan Promo yang Ada

Berbagai macam marketplace sering kali mengadakan berbagai promo dan penawaran menarik. Biasanya promo ini hadir pada saat-saat tertentu. Seringkali promo ini hadir pada masa-masa liburan atau saat ada peristiwa khusus. Masa-masa ini merupakan saat yang paling pas untuk berbelanja online karena banyak manfaat yang diapatkan dari promo ini. Contohnya seperti promo gratis ongkir dan cashback yang jumlahnya lumayan.

8. Manfaatkan Gratis Ongkir

Ongkir atau ongkos kirim seringkali menjadi kendala saat kita berbelanja online. Hal ini menjadi menjengkelkan apabila harga barang dan ongkos kirim memiliki nilai yang sama. Maka dari itu carilah toko yang memiliki penawaran gratis ongkir, atau gunakan voucher gratis ongkir apabila memungkinkan.

9. Pilih Metode Pembayaran yang Sesuai

Ada banyak metode pembayaran yang ditawarkan oleh para marketplace. Mulai dari kartu kredit, transfer bank, pembayaran di merchant tertentu (Indomart dan Alfamart, hingga menggunakan layanan uang elektronik seperti OVO atau Gopay. Sesuaikan dengan ketersediaan layanan yang dapat kalian gunakan. Atau apabila ada fitur COD, dapat kalian gunakan sebagai pertimbangan.

10. Periksa Harga Total Sebelum Membayar

Hal ini biasanya terlewat oleh kita, padahal hal ini cukup penting. Tentunya sangat merugikan apabila harga yang kita bayar melebihi seharusnya hanya karena kita salah input. Salah input disini semisal barang yang harusnya cuma 1 tetapi kalian input jadi 2 barang sehingga kalian harus membayar lebih banyak. Periksa kembali jumlah dari harga barang, plus ongkos tambahan, plus ongkos kirim kemudian masukkan voucher apabila ada. Sekian artikel dari Kami. Semoga dengan ditulisnya artikel ini dapat menambah wawasan dan juga manfaat kepada banyak orang.

Sebagai informasi tambahan, jangan lupa untuk follow Instagram @level99_itstore untuk mendapatkan informasi terkini promo produk terbaru.